Kota Bekasi Gerak Cepat Songsong Era Baru Pasca Pindah Ibukota

 


Bekasi, Ekspos Bekasi - Dalam sebuah langkah proaktif menuju adaptasi dan pertumbuhan, Kota Bekasi dihadapkan pada tantangan dan peluang baru sebagai akibat langsung dari pemindahan ibukota Indonesia ke IKN, Kalimantan. Pernyataan ini ditegaskan oleh Ketua DPRD Kota Bekasi, H.M. Saifuddaulah, dalam sebuah pertemuan penting yang berfokus pada masa depan kota tersebut, bertempat di Gedung Patriot, Kota Bekasi, pada Senin, 4 November.

Dalam agenda Forum Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Bekasi 2025-2045, Saifuddaulah menyampaikan kebutuhan mendesak untuk merumuskan strategi baru yang akan membimbing Kota Bekasi melalui perubahan signifikan ini. "Kita harus segera merumuskan arah dan strategi Kota Bekasi untuk 20 tahun ke depan. Apalagi nanti Kota Bekasi sudah tidak menjadi penyangga ibukota negara," ucap Saifuddaulah, menegaskan pentingnya reposisi dan revitalisasi kota dalam menyesuaikan diri dengan perubahan dinamika nasional dan regional.

Kehadiran pemimpin baru di tahun 2024 menjadi momentum yang dianggap sangat tepat untuk meredefinisi tujuan dan arah Kota Bekasi. Dengan pembaruan identitas kota, termasuk tagline-nya, diharapkan Bekasi dapat memasuki bab baru dengan visi yang segar dan strategi yang inovatif. Inisiatif ini bertujuan untuk tidak hanya meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan ekonomi lokal tetapi juga menonjolkan Bekasi sebagai contoh kota yang dinamis dan adaptif di Indonesia.

Forum ini, yang diorganisir oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (BAPELITBANG) Kota Bekasi, bertujuan untuk mengumpulkan pemikiran dan saran dari berbagai pemangku kepentingan untuk membentuk arah pembangunan Kota Bekasi selama dua dekade mendatang. Saifuddaulah, dengan nada optimis, menyatakan, "Semoga semua mendapat berkah dan solusi terbaik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Bekasi."

Inisiatif ini tidak hanya mencerminkan sebuah respon terhadap perubahan geopolitik, tetapi juga menandai sebuah upaya kolektif dalam menavigasi masa depan yang tidak pasti dengan keberanian dan inovasi. Dengan semangat ini, Kota Bekasi siap mengambil langkah besar menuju sebuah era baru, dengan harapan membuka babak baru dalam sejarah kota yang akan diingat karena ketangguhannya, kecerdasannya, dan keberlanjutannya.

Post a Comment